Sabtu, April 21, 2012

Geliat E-Commerce, Kontribusi Internet Terhadap Ekonomi Indonesia


Indonesia merupakan pasar yang terus bertumbuh dalam dunia e-commerce dengan kepadatan penduduk lebih dari 260 juta jiwa, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang patut di perhitungkan. Semakin banyaknya masyarakat yang melek internet serta didukung dengan semakin mudah dan murahnya tarif dalam mengakses internet. Menurut data The Connected Archipelago yang dirilis Deloitte kontribusi Internet di tahun 2011 terhadap ekonomi Indonesia mencapai 1,6 persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional atau setara dengan Rp 166 triliun. Kontribusi internet terhadap PDB ini lebih besar dibanding ekspor gas alam cair (1,4 persen), ekspor peralatan elektronik (1,5 persen), dan sektor kelistrikan (0,5 persen). Diprediksi, sumbangan internet pada PDB pada tahun 2016 sedikitnya mencapai 2,5 % atau sekitar Rp 324 triliun.


Melihat tren belanja online yang terus meningkat, marketmu.com ikut ambil bagian sebagai media penghubung layaknya Konsep "Surat pembaca" bagi para buyer dan seller dengan 3 bahasan utama yaitu Butuh referensi Toko online, Pengalaman belanja online dan promosikan toko online anda. Ketiga bahasan ini dikemas dalam bentuk cerita yang menarik dari para membernya yang memiliki pengalaman ketiga topik bahasan tersebut. Dengan konsep ini diharapkan dapat memperbaiki e-commerce di Indonesia dan menjadikan marketmu sebagai wadah bertemunya buyer dan seller dimana ini menjadi keuntungan bagi kedua pihak dalam menilai, mempromosikan aktifitas e-commerce mereka, pihak seller memiliki keuntungan mempromosikan produk/jasanya kepada member yang ready buying dan pihak buyer memiliki keuntungan mendapat referensi toko online yang aman, terpercaya sekaligus komplain dan pujiannya kepada toko online tersebut.


Untuk dapat menggaet banyak member marketmu mengadakan kontes menulis cerita terhadap 3 bahasan utama seperti disebutkan diatas yang akan dinilai tiap minggunya. Bagi mereka yang aktif akan berpeluang besar mendapatkan uang jutaan rupiah, marketmu selain membagikan Rp. 1.000.000,- tiap minggunya juga memberikan Rp. 9.000.000,- untuk 3 pemenang dengan hal seperti ini diharapkan akan banyak member yang bergabung dan berbagi cerita.
Media penghubung buyer dan seller ini dapat di akses melalui http://www.marketmu.com/contest/
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar