Seiring bertumbuhnya pengguna internet, pertumbuhan perdagangan online didunia maya walau belum bisa dibilang perlahan mulai menggeser dominasi perdagangan offline, namun dapat dipastikan tren perdagangan online akan terus meningkat, hal ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya merchant yang memanfaatkan teknologi internet sebagai ajang mempromosikan produk/jasa mereka dan melakukan transaksi non tunai. Belum lagi di tambah wirausaha pemula yang minim modal untuk membuka toko online di jagat maya mengingat murahnya biaya yang dikeluarkan ketimbang mereka membuka toko konvensional.
Dalam perdagangan online hampir tidak dapat di bedakan mana pemilik toko online yang memiliki toko konvensional dan mana yang rumahan, ini menjadi menarik mengingat para pemilik toko tidak lagi kompetisi hanya dari segi modal melainkan pelayanan dan kepastian pengiriman barang, itu sebabnya upaya meningkatkan reputasi bisnis sangat perlu di prioritaskan.
Pada kehidupan offline Kita dapat melihat baik buruknya reputasi pelayanan suatu bidang usaha salah satunya dengan membaca kolom pembaca di koran-koran nasional yang selain menceritakan keluh kesah dan pujiannya konsumen terhadap pelayanan yang dirasakan juga dapat membaca tanggapan dari pihak yang bersangkutan. Beda lagi jika di jagat online untuk dapat memastikan suatu toko online bereputasi baik atau tidak dalam pelayanan dan pengiriman barang hampir tidak dapat dipastikan, karena biasanya testimoni hanya masih bersumber dari website yang bersangkutan. Biasanya pengguna akan mencari informasi di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci tertentu untuk memastikannya.
Berbagai upaya dari pemilik toko online untuk meningkatkan reputasi tokonya dilakukan diantaranya dengan mengikuti website-website yang menghimpun beragam toko online yang dalam melakukan transaksi menggunakan rekening bersama, cara ini sangat sederhana bahkan tidak perlu memiliki website sekalipun dapat bergabung namun memiliki kendala dalam kompetisi yang begitu ketat karena toko online akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan toko online lainnya, itu sebabnya tidak sedikit toko online yang terus memutuskan untuk mandiri dengan membuat website toko onlinenya sendiri. Dan selanjutnya toko online juga dapat mengikuti website yang memiliki forum khusus surat pembaca tentang toko online, surat pembaca di nilai lebih objective dalam menilai suatu reputasi toko online bagi konsumen. Manfaatnya sendiri bagi pemilik toko disamping dapat mempromosikan tokonya, melihat kemungkinan pasar yang belum terpenuhi juga dapat memberikan tanggapan dari pengalaman konsumennya ketika bertransaksi di tokonya yang menceritakan baik atau buruk pelayanan yang diberikan dengan demikian reputasi toko akan tetap terjaga.
Salah satu upaya memacu pertumbuhan e-commerce yang sehat dilakukan oleh marketmu.com dengan mengusung konsep surat pembaca yang dapat memfasilitasi toko online dan buyer untuk menjalin komunikasi dengan menyediakan 3 rubrik bahasan yaitu promosi, mencari referensi dan pengalaman berbelanja online. Dengan 3 rubrik bahasan tersebut yang dikemas dalam bentuk cerita, maretmu sejauh ini terbukti dapat merangkum kebutuhan kedua belah pihak untuk bersama mendukung terciptanya perdagangan online (e-commerce) sehat di Indonesia.
Dengan semakin banyaknya penggiat e-commerce sehat, kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi online akan terus meningkat.
(sumber gambar : Google)
(sumber gambar : Google)